Guru Kehidupan

Marilah kita berpikir untuk menjadi lebih baik

Asian Games 2018

Leave a comment

Banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak antusias dengan kegiatan olah raga apalagi dengan pentingnya even-even seperti PON, Sea Games, Asian Games.

Jakarta Indonesia akan menjadi host Asian Games ke 17 tahun 2018. Acara lauching logo Asian Games sudah digulirkan. Berita acara sepenting itu menurut saya ternyata hanya nyempil di suatu malam di acara berita malam TVRI beberapa waktu lalu. Media-media besar tidak ada yang memberitakan. Menunjukan betapa kita tidak menaruh perhatian pada even yang menurut saya seharusnya sebuah even yang mesti dibuat besar.

Pesta olah raga adalah bagian dari pride of the nation, kebanggaan dalam berbangsa dan bernegara. Saat-saat supremasi sebuah negara diakui dan berbangga-bangga dengan betapa seringnya bendera negara dinaikkan. Kejayaan suatu negara terpancar jika mampu menyelenggarakan pesta olah raga yang meriah dan dikenang sepanjang masa terutama oleh rakyatnya. Itulah sebabnya presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno di awal-awal adanya Asian Games berusaha membawa pesta olah raga ini ke Indonesia di tahun 1962 meski ekonomi kita belum begitu kokoh. Ada rasa kebanggaan yang besar sebagai penyelenggara Asian Games yang ke 4.

Kebanggaan dan nasionalisme itu seperti sirna di masa sekarang. Belum terdengar gaungnya meski logo sudah diluncurkan. Belum lagi persoalan PSSI dengan Menpora Nahrowi yang tidak ada habisnya. Perdebatan kedua institusi ini kalau diibaratkan seolah-olah bertengkar mana yang benar, 1 + 1 sama dengan 2 atau 1 + 1 sama dengan 1, kalau kata orang Jawa  sebaiknya : ‘sing waras ngalah’. Jadi sedikit ragu, mampukah pemerintahan Jokowi mempersembahkan sebuah pesta besar untuk Asian Games ke 17 di Indonesia nanti?

Advertisements

Author: hennybrunner

Dulu kala saya pernah sempat bercita-cita menjadi guru, mungkin sekarang saya tidak menjadi guru di sekolah tapi menjadi guru dalam kehidupan. Kalau dibaca semua, kebanyakan dari artikel-artikel yang saya tulis dalam site ini berkesan menggurui, maka anggaplah saja saya ini memang guru, Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s