Guru Kehidupan

Marilah kita berpikir untuk menjadi lebih baik

Port El Kantaoui

Leave a comment

Port El Kantaoui

Port El Kantaoui

Orang Perancis menyebutnya Sousse, sementara kalau dalam bahasa Arab disebutnya Susah. Tapi orang Tunisia sendiri lebih suka menyebut kota ini sebagai mana orang Perancis menyebutnya. Kota Sousse merupakan salah satu kota tujuan wisata di Tunisia. Dan Port El Kantaoui yang menjadi tema cerita aku kali ini adalah sebuah tempat yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Sousse. Tepatnya berada di wilayah Hammam – Sousse. Tempat ini juga sering sebagai desa turis, atau tourist village. Tempat berlabuh dan bersandar kapal-kapal layar dan yacht. Tempat ini sebenarnya bukan seperti tempat-tempat atraksi wisata kebanyakan di Tunisia yang berupa landmark, peninggalan bangunan kuno, dan sesuatu yang sifatnya seni budaya.

Port El Kantaoui adalah sebuah lokasi yang relatif baru dibuat. Hammam Sousse sendiri juga menarik karena mempunyai white sandy beach yang panjangnya berkilo-kilo meter. Kunjungan ke Sousse Tunisia juga dilakukan oleh kapal-kapal dari negara-negara Eropa. Untuk menarik wisatawan Eropa pemilik yacht untuk berkunjung ke Tunisia maka dibuatlah pelabuhan dan marina tempat sandar kapal-kapal layar dan yacht tersebut. Tempat mereka sandar ketika tidak melaut, mengisi suplai bahan bakar dan air bersih. Sehingga berkembanglah wilayah ini menjadi destinasi wisata pantai dan wisata bahari.

Hammam – Sousse menjadi tempat tujuan wisatawan pada saat musim panas dan di saat liburan panjang. Banyak orang berkunjung ke Souuse untuk menikmati pantai pasir putih dan tinggal beberapa minggu di wilayah tersebut. Wilayah sekitar jalur pantai di wilayah Hammam – Sousse merupakan perkampungan turis, berisi villa-villa dan apartemen sewa. Dan Port El Kantaoui terletak di tengah-tengah Hammam Sousse. Bukan saja menjadi destinasi wisata turis asing pemilik kapal tapi juga orang yang tidak punya kapal mewah dan orang lokal untuk sekedar hang out.

Port El Kantaoui from cafetaria

Port El Kantaoui from cafetaria

Replica Phoenician Boat

Replica Phoenician Boat

Port El Kantaoui

Port El Kantaoui

Beautiful yacht

Beautiful yacht

Beautiful yacht

Another beautiful yacht

Port El Kantaoui ini menjadi tempat yang menarik karena kapal-kapal yacht ini memang menarik untuk dilihat. Seperti aku yang selalu tertarik untuk melihat kapal-kapal yacht cantik berwarna putih, sambil bermimpi kehidupan para rich dan beautiful yang berwisata dengan kapal itu. Karenanya pada waktu menunggu suami yang sedang dirawat di klinik di kota Sousse – Tunisia karena penyakit leukemia yang dideritanya, aku sempatkan untuk mengunjungi pelabuhan marina di Sousse yang terkenal ini. Ketika kondisi Hans sudah agak membaik, sudah bisa duduk, meraih bedsite table, juga makan sendiri tanpa harus disuapin, aku minta seorang kenalan di Sousse untuk mengantar ke Port El Kantaoui.

Pemandangan di Port El Kantaoui ini tambah menarik karena tempat ini bukan hanya sekedar tempat sandar yacht dan sail boat, tapi disekitarnya juga dibangun cafetaria, restauran dan bar tempat hang out. Karena banyak orang-orang luar Tunisia yang mengunjungi tempat ini maka ada juga toko-toko dan lapak-lapak penjual cinderamata. Karena banyak juga kapal yang sandar dan berkunjung ke Tunisia ini berasal dari negara-negara Eropa maka dibangun juga di dalam wilayah marina apartemen sewa dan hotel. Selain itu kegiatan diving dan snorkling juga merupakan salah satu diantara aktifitas wisata di sana.

Cafetaria and restaurant

Cafetaria and restaurant

Tunisian snack and bonbon

Tunisian snack and bonbon

Uups, made in Bali

Uups, made in Bali

Advertisements

Author: hennybrunner

Dulu kala saya pernah sempat bercita-cita menjadi guru, mungkin sekarang saya tidak menjadi guru di sekolah tapi menjadi guru dalam kehidupan. Kalau dibaca semua, kebanyakan dari artikel-artikel yang saya tulis dalam site ini berkesan menggurui, maka anggaplah saja saya ini memang guru, Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s