Guru Kehidupan

Marilah kita berpikir untuk menjadi lebih baik

Mengobati Ringworm

Leave a comment

Image

Ini loh yang namanya ringworm, pinggirnya ada seperti bintil2 dan bagian tengahnya seperti botak.

Semula tidak tahu, coba diobatin dengan salep antibiotic setelah 3 hari tidak ada tanda-tanda sembuh malah lingkarannya makin lebar. Akhirnya ganti salep antivirus yang dioleskan tiap 3 jam, setelah 24 jam tidak ada reaksi apa-apa. Gatalnya itu loh gatal banget. Akhirnya tanya sama Google, akhirnya tahu kalau ini ringworm. Penyakit kulit ini menular. Namanya ada ‘worm’nya tapi sebenarnya tidak ada hubungannya dengan cacing. Ini penyebabnya adalah sejenis jamur. Dan jamur ini berkembang biak dibawah permukaan kulit.

Nah, gimana kok sampai bisa ketularan ringworm?.

Salah satunya adalah dari binatang peliharaan seperti kucing, anjing, dll. Jamur ini masuk melalui luka di kulit. Jadi ceritanya kucingku ada yang suka minta pangku, aku sering elus-elus, kebetulan ada nyamuk yang menggigit lutut. Rupanya aku tanpa sengaja menggaruk-garuk gigitan nyamuk dengan tangan yang terkontaminasi akibat mengelus-elus kucing. Gigitan nyamuk tergores oleh kuku yang kebetulan agak panjang. Jadilah aku tertular ringworm ini. Setelah tahu ini bukan virus dan bukan bakteri dan ternyata jamur akhirnya googling lebih lanjut untuk pengobatannya. Dapat info kalau jamurnya bisa mati dengan larutan bleaching.

Akhirnya aku ambil detergen plus B**c**n. Bagian yang kena ringworm ini aku gosok dengan detergen dan B**c**n, digosok-gosok dengan campuran detergen dan B**c**n 5 – 10 menit, baru kemudian dibasuh. Sudah pasti sakit, seperti diiris-iris. TAPI, baru satu kali pemakaian langsung kelihatan hasilnya. Gatalnya langsung hilang. Setelah 3 kali menggunakan detergen dan B**c**n langsung kering, sembuh.

Sekarang cuma kepikiran bekasnya bisa hilang nggak ya?

Ini adalah foto kondisi setelah 3 hari dan 3 kali pengobatan ala rumahan menggunakan bleaching liquid dan detergen. Koreng yang berwarna merah langsung mengering dan meninggalkan bekas, dan keropeng seperti gambar di bawah ini.

ringworm after

Author: hennybrunner

Dulu kala saya pernah sempat bercita-cita menjadi guru, mungkin sekarang saya tidak menjadi guru di sekolah tapi menjadi guru dalam kehidupan. Kalau dibaca semua, kebanyakan dari artikel-artikel yang saya tulis dalam site ini berkesan menggurui, maka anggaplah saja saya ini memang guru, Guru Kehidupan.

Leave a Reply

