Guru Kehidupan

Marilah kita berpikir untuk menjadi lebih baik

Swimming, Berenang, Ciblon…., Part 3

Leave a comment

Ketika saya menulis artikel mengenai how to learn swimming ini saya sekali lagi ingin mengajarkan teknik-teknik untuk mempelajari renang untuk ‘Fun swimming’ bukan teknik-teknik untuk menjadi atlit renang, atau berenang untuk survive, ketika anda terdesak pada situasi anda harus berenang atau anda tenggelam dan wassalam.

Kalau anda benar-benar belajar berenang dari nol maka lupakan segala macam gaya-gaya atau swimming style, seperti free style, breast stroke etc, yang dikatakan oleh pelatih renang anda sebelum anda benar-benar menguasai tubuh anda dan bagaimana bekerjanya hingga tubuh anda terasa ringan hingga mampu mengapung di dalam air. Lakukan latihan-latihan pada tulisan saya terdahulu, step 1 sampai step 5. Paling penting adalah step 1 saya ulang kembali dimana anda harus merubah mindset anda. Anda bukanlah makhluk berkaki dua yang harus selalu memijakkan dan berdiri tegak diatas dua kaki. Lupakan bagian pinggang kebawah dan kaki anda….(itu sebabnya orang tanpa kaki malah biasanya jago berenang).

Ada sedikit cerita, kalau saya di pantai dan melakukan olah raga di air, sering orang2 bule tanya kenapa kok kebanyakan perempuan Indonesia nggak mau melakukan olah raga di air, alasan-alasannya biasanya…:’takut hitam…’. Tapi alasan sebenarnya dibalik itu adalah hanya 1 banding 5 perempuan Indonesia yang bisa berenang.

Author: hennybrunner

Dulu kala saya pernah sempat bercita-cita menjadi guru, mungkin sekarang saya tidak menjadi guru di sekolah tapi menjadi guru dalam kehidupan. Kalau dibaca semua, kebanyakan dari artikel-artikel yang saya tulis dalam site ini berkesan menggurui, maka anggaplah saja saya ini memang guru, Guru Kehidupan.

Leave a Reply

