Guru Kehidupan

Marilah kita berpikir untuk menjadi lebih baik

Hugo Chavez

Leave a comment

Berguguran satu demi satu pemimpin dunia yang hebat, presiden Venezuela Hugo Chavez akan dimakamkan Jum’at 8 Maret lalu.

Waktu dia baru jadi presiden lihat tampangnya kayaknya enggak banget deh nih orang, ramalan aku dia adalah model pemimpin korup seperti layaknya pemimpin2 dari negera-negara ‘terbelakang’ (kebalikan dari negara ‘maju’). Tapi ternyata tidak. Waktu lihat langkah-langkah dia me-nasionalisasi perusahaan-perusahaan pertambangan asing yang ada di negaranya syok juga dengarnya, dalam hati aku berpikir wah bakal perang nih Venezuela dengan USA, entah gimana caranya ternyata nggak berani tuh USA. Nampak sekali kalau USA sangat menginginkan kematian si Chavez, tapi cuma berani berkoar-koar nyumpahin dia. Chavez pun tahu nyawanya terancam, tapi dia tetap berani menghadapi resiko itu demi perbaikan ekonomi bangsanya.Nyatanya banyak pemimpin negara-negara lain yang lebih berpihak pada Venezuela, baik secara terang-terangan maupun tidak.

Mereka adalah negara-negara tetangga Venezuela di Amerika bagian Selatan dan negara-negara Afrika. Rupanya Venezuela punya hubungan yang sangat baik dengan negara-negara tetangganya, seperti Colombia, Kuba, dan mungkin bangsa-bangsa di Amerika bagian Selatan juga sebenarnya muak dengan USA cuma tidak berani secara terang-terangan.

Tanpa dukungan bangsa lain Amerika Serikat pun bukan apa-apa. Bangsa Amerika maksud aku USA, yang merasa paling jago ini, sebenarnya tidak ada apa-apanya tanpa follower-followernya. Makanya bangsa kita ini seharusnya nggak perlu takut sama USA. Aku muak banget sama presiden-presiden Indonesia yang suka njilatin pantatnya presiden USA, bangsanya dikentutin di berakin juga diem aja. Sebagai pemimpin sebuah bangsa harus bisa membuat strategi kalau nggak cocok dan tidak baik untuk bangsa kita ya jangan diikutin. Kita harusnya bisa melihat keadaan kalau nggak nguntungin buat bangsa kita cuekin aja mereka. Kalau USA banyak followernya ya kita diam aja dulu tapi kalau nggak ada followernya dan lebih banyak yang berpihak ke kita ya berani untuk berdiri diatas prinsip-prinsip yang baik untuk bangsa kita.

Ada prinsip yang sama dengan aku dari pemimpin dunia yang satu ini ‘Gue baek ame loe, kalau loe juga baik ama gue’, begitu cara dia mengajarkan pada bangsanya dalam menghadapi bangsa Amerika Serikat atau USA.

Setelah kematian Hugo Chavez apakah USA berpikir sebagai kesempatan untuk merebut kembali apa-apa yang diambil Chavez? Yuk kita lihat aja. Kita cuma bisa jadi penonton, tapi banyak hal bisa kita pelajari dari apa yang terjadi disana. Dan kita lihat nanti 2014 kira-kira model presiden Indonesia kayak apa yang jadi kandidat di Pemilu. Semoga nanti ada orang-orang Indonesia yang punya kepercayaan diri serta punya nasionalisme yang kuat seperti Hugo Chavez untuk kandidat Pemilu 2014.

Kelemahan dari negara kita adalah negara-negara tetangga kita Philipina dan Australia adalah USA minded, sementara Malaysia dan Singapore adalah British minded, sementara keduanya Australia dan British adalah follower setia USA. Yang bisa bangsa kita andalkan adalah negara-negara seperti Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Taiwan. Dengan bangsa-bangsa tersebut kita harus membuat hubungan baik terutama dalam hal kerjasama militer.

Advertisements

Author: hennybrunner

Dulu kala saya pernah sempat bercita-cita menjadi guru, mungkin sekarang saya tidak menjadi guru di sekolah tapi menjadi guru dalam kehidupan. Kalau dibaca semua, kebanyakan dari artikel-artikel yang saya tulis dalam site ini berkesan menggurui, maka anggaplah saja saya ini memang guru, Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s